Friday 13 November 2009

Kesehatan Mental menurut Teori Rogers

Menurut teori Rogers, seseorang yang dikatakan memiliki mental yang sehat adalah seseorang yang mampu mengetahui diri, mengembangkan unconditional regard serta mampu mengaktualisasikan diri.

Dalam hal ini, kita harus menyadari seperti apa self consept kita, siap diri kita sebenarnya dan kita ingin menjadi seperti apa. Biasanya di usia remaja seseorang akan mulai mempertanyakan siapa dirinya. Jika di waktu remaja masih belum menyadari diri sebenarnya, maka hal tersebut akan berpengaruh pada self esteemnya dan lain – lain.

Selanjutnya, seseorang yang memiliki mental yang sehat akan mengembangkan unconditional regard , yaitu penghargaan positif yang diberikan orangtua, terutama Ibu. Misalnya saja dengan memberikan pujian saat memperoleh nilai bagus atau tetap memotivasi anak jika sang anak menghadapi masalah. Dengan demikian, sang anak akan merasa berharga dalam situasi apapun. Dia menjadi lebih berani bereksplorasi tanpa takut akan dicela oleh Ibunya atau orang lain.

Jika kedua hal di atas tercapai, barulah seseorang mulai mengaktualisasikan dirinya berdasarkan motivasi yang dia terima. Dia akan lebih mudah bergaul dan bersosialisasi dengan masyarakat. Karena merasa dirinya berharga, sehingga termotivasi untuk aktif dalam kegaiatan – kegiatan sosial atau yang lainnya.

Akhirnya sesorang tersebut dapat dikatakan memiliki mental yang sehat menurut teori Rogers.

No comments:

Post a Comment