Monday 3 May 2010

Tips Menghilangkan Ketombe

Sebagai wanita tentunya kita ingin memiliki rambut yang sehat dan indah serta terbebas dari masalah seperti ketombe, karena itu memang salah satu problem rambut yang sangat menyebalkan, selain terasa gatal juga bisa membuat rambut tidak terasa sedap dipandang karena bubuk putih yang berjatuhan dari kulit kepala, tentunya membuat kita jadi merasa tidak percaya diri.

Yang mengakibatkan rambut berketombe itu disebabkan akibat terlepasnya sel-sel kulit kepala yang sudah mati dalam jumlah berlebihan. Sel-sel kulit tersebut berupa serpihan lembut yang berwarna perak keabu-abuan. Dan ketombe tidak memandang jenis kulit kepala, apakah itu berminyak atau kering.

Dari hasil penelitian menunjukkan, penyebab ketombe salah satunya adalah stress karena hal itu bisa meningkatkan minyak di kulit kepala sampai 10 persen. Karena kulit tubuh dan kulit kepala berkaitan, pemilik ketombe juga dianjurkan untuk mengurangi asupan makanan berlemak.

Faktor lainnya yang menyebabkan rambut berketombe yaitu kulit kepala terkena debu atau polusi, penggunaan kosmetik rambut, mikro organisme, kurang asupan gizi, sering berenang dan berjemur di bawah sinar matahari serta pengaruh dari hormon di tubuh.

Masalah ketombe mungkin kelihatannya sepele, tapi kalau kita terus membiarkannya bisa menyebabkan pertumbuhan jamur Pytosporum ovale dan jamur Mallassezia sebagai faktor yang menyebabkan terjadinya kelainan pada kulit kepala

Untuk mengatasi rambut berketombe sebenarnya tidak terlalu sulit, salah satunya adalah dengan cara membuang stress dengan istirahat yang cukup dan menggunakan shampoo yang mengandung sulfur karena bisa menurunkan lemak yang menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala.

Selain hal itu, untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi ketombe, yaitu :

* Jangan menggaruk kulit kepala anda, karena hal itu bisa membuat kulit lecet dan menimbulkan infeksi sekunder

* Pakailah shampo anti ketombe secara teratur yang mengandung Zinc Pyrithione (ZPT), karena shampo jenis ini mempunyai efek anti bakteri dan jamur yang dapat mencegah atau mengurangi timbulnya serpihan kulit dan menghilangkan rasa gatal di kepala.

* Hilangkan stress. Walau bukan penyebab utama, tapi stress bisa memicu terjadinya ketombe.

* Hindari pemakaian minyak rambut, gel atau hair spray secara berlebihan karena dapat memicu pertumbuhan jamur kulit.

* Membatasi makanan dan minuman yang dapat memicu pertumbuhan jamur kulit, misalnya: minuman beralkohol.

* Makanlah makanan yang mengandung vitamin B untuk menjaga kesehatan rambut, seperti kuning telor, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran.

Sumber : http://vibizlife.com/health_details.php?pg=health&id=9565

No comments:

Post a Comment